Selasa, 29 November 2011

Jenis Alat Musik

Alat musik tradisional diantaranya adalah ceceng,rebab,kecapi,siter,kendhang,kenong,kempul,gong,saron,bonang(Jawa,Bali),kolintang(Sulawesi),totobuang(Maluku). Alat musik modern diantaranya terompet,klarinet,oboe,horn,tuba,cello,saxophone,biola,gitar,piano.
1. Berdasarkan Sumber Bunyinya
    a. Alat musik berdawai (chordophone)
       Alat musik yang sumber suaranya berasal dari dawai yang dipetik                                                            (gitar,kecapi,harpa,siter,ukulele,mandolin) atau digesek (rebab,biola,violin,cello).
    b. Alat musik tiup (aerophone)
       Alat musik yang sumber suaranya dari udara yang ditiupkan ke alat musiknya (recorder,suling,flute,szophone,clarinet,trombone,terompet,horn).
    c. Alat musik bertuts
       Alat musik yang memiliki bilah-bilah nada dengan getaran sumber bunyi yang bermacam-macam (pianika,organ,piano,accordeon).
    d. Alat musik perkusi (idhiophone)
       Alat musik yang getarannya timbul karena dipukul. Alat musik perkusi bernada (balera,gambang,saron,calung,angklung,kolintang,kenong,tifa,totobuang) sedangkan yang tak bernada (castanets,tamborin,kendang,snare drum,simbal,rebana,bedug,bongo).
2. Berdasarkan Fungsinya
    a.Alat musik melodis
       Alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada-nada (biola,recorder,flute harmonica,dan gitar melodi).
    b. Alat musik ritmis
       Alat musik yang dalam permainannya memberikan irama(ritme). Hal ini berhubungan dengan ketukan dan birama (kendang,tifa,bas,tamborin,rebana,kelompok drum).
    c. Alat musik harmonis
       Alat musik yang dalam permainannya lebih berperan sebagai pembawa paduan nada(akord) (gitar,kolintang,ukulele,banjo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar